Kamis, 18 April 2013

Ari Qada' Qadar

Qodo' berarti segala keputusan Allah SWT sejak zaman azali.
Qadar berarti aturan atau hukum yang mengatur terjadinya qodo'
Qodo' dan Qadar harus dipahami dengan ilmu yang benar agar tidak menimbulkan salah pengertian.
Contoh Qodo' dan Qadar:
  1. Allah SWT telah mentakdirkan untuk menciptakan bumi sebagai tempat tinggal manusia, itu adalah qodo' sedangkan penciptaan matahari untuk memenuhi kebutuhan manusia di bumi merupakan Qadar Allah SWT.
  2. Allah SWT telah metakdirkan fulan untuk mati hari ini, itu merupakan Qodo'. Tiba - tiba saat fulan sedang makan di warung ia tertabrak mobil lalu mati saat itu juga, tertabraknya fulan oleh mobil tadi merupakan qadar Allah SWT.
Sebenarnya semua yang ada di dunia ini telah ditakdirkan Allah, termasuk anada membaca tulian ini juga sudah ditakdirkan Allah dan tertulis di Lauhil Maghfudz. Namun Walaupun Allah telah menakdirkan itu semua kita wajib berusaha untuk meraih yang terbaik. Jangan karena hanya beranggapan Allah telah mentakdirkan semuanya kita jadi malas - malasan. Memang ada para wali Allah yang mereka tidak usah bekerja namun mereka dapat hidup, tapi sekali lagi itu para wali. Wali ialah orang yang tidak memiliki rasa takut(kecuali kepada Allah) dan sedih.
Cukup sekian, Artikel ini mungkin banayak yang salah, saya selaku penulis mohon maaf dan tolong beri kritik dan saran yang membangun. TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar